Lima Cara Membuat Marketing Email Anda Berjalan Dengan Baik

Marketing (pemasaran) melalui email adalah cara yang fantastis untuk tetap menjaga hubungan dengan klien atau prospek Anda, sehingga Anda tetap terlintas di pikiran mereka saat mereka membutuhkan sesuatu. Marketing melalui email mungkin terlihat simpel dan mudah, ketikkan sedikit informasi dan beberapa klik, maka pesan Anda sudah terkirim. Pada kenyataannya, tidaklah semudah ini; tentunya jika Anda menginginkan marketing melalui email yang bisa dibilang sukses.

Untuk memiliki kemampuan mengubah prospek menjadi pelanggan melalui email, Anda akan membutuhkan 5 kunci sukses berikut:

1. Berikan “nilai” dalam pesan Anda

Mengirimkan beberapa email marketing  untuk ‘sekedar ada’ atau untuk menjaga ‘hubungan yang tetap’ adalah cara yang pasti untuk kehilangan subscriber (pelanggan email) Anda. Kemunculan nama Anda di kotak masuk (inbox) email subscriber Anda tidaklah berguna jika mereka tidak membaca isinya dan menunggu email yang Anda kirimkan berikutnya. Tujuan dari setiap marketing melalui email adalah untuk menjadi sumber informasi yang dipercaya. Anda harus menjadi aset dari subscriber, dan bukannya menjadi email yang ditunggu mereka untuk langsung dihapus.

2. Buatlah pesan Anda tetap singkat

Isi email Anda harus tepat pada sasaran dan tidak berbelit-belit. Sangat jarang ada orang yang akan membaca email yang panjang, walaupun isinya sangat terlihat menarik. Sebagai tambahan, penting juga untuk menyimpn daftar prospek yang berisi pembaca yang benar-benar tertarik. Jaga agar email Anda tetap ringkas dan daftar pengiriman Anda realistis. Menyebarkan email Anda ke 3000 buah email tidak akan menguntungkan pihak manapun.

3. Pastikan Audiens Anda ingin mendapat info dari Anda.

Jangan menjadi pengirim yang dikategorikan sebagai ‘spam’. Mengirimkan email berkali-kali kepada prospek Anda yang tidak pernah meminta untuk dikirimkan informasi oleh Anda akan membuat mereka menghindari Anda. Mengisi daftar Anda dengan orang-orang yang sudah Anda minta persetujuannya adalah hal vital dalam kesuksesan marketing email Anda. Buatlah sebuah pilihan untuk berlangganan email informasi di situs Anda, dan jangan takut untuk sekali-sekali bertanya kepada pelanggan lama dan orang lain apakah mereka tertarik untuk mendengar/mendapat informasi dari Anda.

4. Lakukan penyesuaian untuk mendapat hasil yang lebih baik

Membagi daftar Anda menjadi beberapa kategori berbeda akan melengkapi faktor yang mensukseskan kegiatan marketing email Anda. Sebagai contoh, jika Anda mengirimkan informasi yang umum kepada daftar berisi banyak pelanggan Anda, hanya ada sedikit kemungkinan mereka menemukan informasi yang relevan dengan mereka. Jika daftar pelanggan tersebut dibagi menjadi beberapa kategori berbeda, katakanlah Anda membaginya seperti ini, ‘pelanggan utama’, ‘klien lama’, dan ‘pengunjung situs’, maka Anda pasti akan bisa menyesuaikan isi dari email untuk lebih berhubungan atau relevan dengan pembaca-pembaca yang sudah dibagi secara spesifik.

5. Buatlah “Call for action”

Setiap marketing melalui email yang sukses harus menyertakan “call for action”. Kecuali tujuan Anda adalah sekedar mengirimkan informasi sebagai sebuah niat baik untuk pelanggan, Anda akan membutuhkan “call for action” atau sebuah alasan yang dapat membuat pembaca Anda menghubungi Anda atau mau bekerjasama dengan Anda di kemudian hari. Membawa pembaca email Anda ke tahap interaksi selanjutnya juga merupakan hal yang vital dalam rancangan kesuksesan Anda dalam melakukan marketing email. Walaupun “call for action”-nya adalah sekadar membuat pembaca Anda mengikuti sebuah tautan (link) untuk mendapat informasi tambahan atau mencari fan page Anda di facebook, dan bahkan merespon email Anda, saat Anda bisa membuat pembaca Anda melakukan sesuatu untuk merespon Anda, apapun itu akan memastikan bahwa kegiatan marketing Anda akan menghasilkan sesuatu.

Marketing email bisa menjadi teknik bisnis yang sangat berharga, sebagai sebuah media informasi untuk pembaca-pembaca setia Anda. Membangun imej yang tepat adalah hal terpenting dari semua aspek dalam melakukan marketing melalui email.

Sumber: startupbisnis.com

Paulus

0 Comments

Leave a Reply